Sabtu, 03 November 2018

Perbedaan SEO dan SEM

Kali ini kami akan membahas perbedaan SEO dan SEM yang merupakan salah satu materi tentang praktisi internet marketing. Mungkin anda sudah sering mendengar istilah SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalahsalah satu kiat untuk menambah posisi website anda di halaman kesatu mesin pencari atau search engine seperti Google, Bing dan Yahoo. Intinya ialah memaksimalkan masing-masing halaman situs kamu supaya mudah ditemukan dan dikunjungi orang dengan target keyword yang sesuai.

Sebagai misal bila anda mengetik kata “Indonesia” di Google, maka yang akan hadir paling atas ialah Wikipedia.
Wikipedia mengerjakan optimisasi pada halaman situs sehingga saat orang menggali kata Indonesia akan hadir halaman Indonesia dari situs Wikipedia. Untuk mengerjakan proses SEO ini diperlukan ketrampilan dan ketekunan. Teknis SEO memerlukan waktu paling tidak 3 bulan supaya terlihat hasilnya secara optimal. Teknis SEO ini tidak dibutuhkan ongkos (kecuali bila kamu hendak kursus bagaimana melakukannya).

Dalam teknis SEO diperlukan ketrampilan analisis, kompetitif, dan strategis. Dibutuhkan analisa karena anda perlu menganalisis terlebih dahulu keyword apa yang akan anda target di situs yang pun paling tidak sedikit dicari. Melakukan teknis SEO juga mempunyai sifat kompetitif, sebab sayangnya tidak saja kamu sendiri yang mengerjakan teknis SEO dan mengharapkan traffic tinggi di website. Sehingga anda mempunyai strategi bagaimana supaya website anda dapat mengungguli pesaing beda dan hadir pada halaman kesatu search engine.

Nah, apa tersebut SEM ? SEM adalahsingkatan dari Search Engine Marketing. SEM pun adalahteknis digital marketing untuk menimbulkan website di halaman utama search engine. Bila teknis SEO tidak dibutuhkan ongkos alias free, kebalikannya SEM memerlukan biaya. Namun, hasil SEM bakal cepat tampak bergantung dari berapa besar duit yang dialokasikan. Ketika anda mencari baju batik online, maka bakal muncul sejumlah website di atas dengan tulisa Ad warna kuning di bawah judul. Ini adalahSEM.

Ketika anda klik situs dengan logo Ad kuning tersebut, maka situs yang memasang iklan itu akan dikenakan biaya. Jadi ongkos yang dikeluarkan tergantung dari jumlah klik yang didapat atau biasa dinamakan PPC atau Pay Per Click. Bentuk iklan SEM tidak melulu berupa artikel namun pun dapat berupa gambar laksana berikut ini. Perhatikan baik-baik tanda silang dan tanda seru di unsur ujung kanan atas kotak iklan, ini merupakan karakteristik dari Google Image Ads.
Iklan teks dan gambar adalahbagian dari produk Adwords. Adwords adalahplatform Google untuk mempermudah para pengiklan menata budget dan strategi iklan online dengan memakai metode PPC atau Pay Per Click. Di samping iklan teks dan gambar, Adwords pun mempunyai YouTube Ads berupa video dan Retargeting Ads atau sistem yang terus menimbulkan iklan yang sama sampai melakukan action atau transaksi guna ecommerce. Setelah membahas SEO selanjutnya kita bahas tentang SEM dalam praktisi internet marketing.

Apa kiat digital marketing terbaik guna pemula yang hendak meningkatkan traffic ? Tergantung dari apa destinasi dan ongkos yang anda miliki. Bila kamu hendak traffic tinggi dalam masa-masa singkat dan mempunyai dana, anda dapat mengerjakan SEM. Namun dianjurkan untuk mengerjakan kedua teknis secara bersamaan supaya memberikan hasil optimal. Itulah pembahasan tentang perbedaan SEO dan SEM pada praktisi internet marketing.


Baca juga: tentang Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar