Sabtu, 03 November 2018

Belajar SEO pada Internet Marketing

Oke kali ini jika anda ingin menjadi praktisi internet marketing anda harus mempelajari bagaimana SO pada internet marketing
anda punya bisnis yang hendak go online? Pahamilah mengenai digital marketing, terutama belajar SEO. Kenapa? sebab strategi digital marketing tidak akan menyeluruh tanpa kiat SEO. Sebagai suatu strategi pemasaran, SEO ialah wajib hukumnya.


“Wah, saya tidak paham SEO. Apakah masih barangkali untuk belajar SEO dari awal?”

Tenang.. belajar SEO  sangat gampang dan bukan suatu mimpi buruk, kok.

Tidak terdapat kata terlambat guna yang inginkan belajar. Panduan ini bakal mengupas dasar-dasar SEO dan bagaimana kalian dapat menerapkannya ke dalam konten yang kalian buat supaya dapat memenangi kompetisi di dunia online dan menjadi yang kesatu di halaman Google.

Jadi, bikin kalian yang masih bingung apa tersebut SEO dan tidak tahu mesti mengawali dari mana, kalian sedang di halaman yang benar!
Apa tersebut SEO?
Pernahkah kalian mencari kitab di perpustakaan? Misal, kalian hendak mencari kitab tentang berkebun. Petugas perpus bakal menanyakan urusan yang lebih spesifik, “Buku mengenai teknik menciptakan pot bunga atau teknik menempatkan bunga?”


Setelah itu, petugas akan menolong mencarikan kitab yang kalian inginkan lewat database perpustakaan. Hanya selang sejumlah detik saja, petugas telah menemukan kitab ‘teknik menciptakan pot bunga’ dan memberitahu kalian dimana letak kitab tersebut.

Kira-kira seperti tersebut perumpamaan mengenai SEO pada internet marketing

Di samping mudah ditelusuri di internet, SEO yang bagus pun dapat memperkuat brand identity bisnis Anda.

Penjelasan lebih detailnya laksana ini…
SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalahsebuah strategi supaya konten yang dibuat dapat muncul di halaman kesatu di Google.

Ibarat anak tangga, SEO ialah anak tangga yang kesatu kalian pijak supaya bisa mengarah ke ke puncak kesuksesan digital marketing.

Ide bisnis kreatif baru yang laksana apapun, dapat dikenal tidak sedikit orang berkat kiat optimasi SEO.
Pentingkah hadir di halaman kesatu Google?
Sebelum kita membalas pertanyaan diatas, ayo kita jabarkan guna SEO.

1. Meningkatkan traffic ke situs atau akun pribadi
Salah satu kunci pendapatan sebuah website ialah jumlah visitor-nya. Agar situs kalian dikunjungi tidak sedikit orang, website itu perlu keywords yang ditargetkan guna bisnis kalian. SEO menolong mendongkrak online presence suatu konten.

2. Meningkatkan penjualan
Dengan bertambahnya traffic ke situs kalian, dengan kata lain website kalian ramai pengunjung. Semakin ramai, semakin besar bisa jadi untuk melakukan pembelian jualan kalian.

Jadi, situs kita urgen atau tidak untuk hadir di halaman kesatu Google?

Penting sekali!!

Dengan kiat SEO yang efektif, bukan kalian yang menggali konsumen, namun konsumen-lah yang mengejar kalian.

Sebelum masuk ke unsur yang lebih advance tentang digital marketing, terdapat baiknya belajar SEO dibuka dari level sangat dasar. Berikut ialah beberapa poin urgen tentang SEO yang butuh kalian pahami sebagai pemula.
Dasar-dasar SEO
Ada sejumlah hal dasar yang mesti kita ketahui saat hendak mempelajari SEO lebih jauh.

Kumpulan isi:

Keywords
Link building
Optimasi website
On page SEO
Off page SEO

Berikut ini adalah tahapan SEO untuk praktisi internet marketing:


1. Keyword
Misal, kalian mempunyai bisnis wedding organizer yang sedang di Solokarta. Untuk mempermudah calon client menggali bisnis kalian, kalian dapat memakai keywords yang relevan dengan bisnis ini. Keyword yang dapat dioptimalkan pastinya “wedding organizer”. Namun kata kunci ini punya kekurangan terlalu luas cakupannya sebab di kota lain pun pasti terdapat bisnis serupa.
Apa yang mesti kalian lakukan?

Kalian dapat menjabarkan kata kunci tersebut supaya lebih panjang dan lebih spesifik. Keyword yang panjang ini namanya ‘longtail keyword’ yang terdiri dari tiga atau lebih kata kunci.

Lalu apa saja longtail kata kunci dari ‘wedding organizer’?
“Wedding organizer di Solokarta”

atau

“WO Solo bagus”

Keyword di atas mempunyai unsur SEO lokal yang lebih tertarget pada calon mempelai yang memang menggali wedding organizer di Solo.

Keyword atau kata kunci dapat didapatkan dengan mengerjakan riset. Beberapa tools yang dapat dipakai guna mencari keyword sesuai niche yakni Google Keyword dan Alexa. Tools tersebut pun dapat memperlihatkan data statistik jumlah penelusuran sebuah kata kunci.

2. Link building
Di samping menempatkan keyword yang relevan dalam konten, kalian pun harus menautkannya ke link-link yang relevan dengan topik tersebut. Misalnya kalian hendak menulis mengenai tips mempersiapkan resepsi pernikahan di Solokarta. Selain menyerahkan informasi seputar topik tersebut, kalian dapat juga menambahkan backlink ke situs-situs beda yang terpercaya. Misalnya, ke situs vendor catering pernikahan di Solo atau tempat-tempat bagus guna honeymoon di Solo.
Penempatan link yang relevan dapat meningkatkan traffic ke situs kalian dan akhirnya mendongkrak ranking di search engine Google.

3. Optimasi website
Bayangkan kalian berangjangsana ke suatu toko swalayan untuk melakukan pembelian minuman dingin. Kalian membuka kulkas swalayan kemudian mulai menggali dimana letak minuman tersebut. 10 detik berlalu, kalian tidak pun menemukan minuman yang diinginkan. Lalu, kalian memblokir kulkas pulang dan berjuang bertanya untuk penjual. Ternyata kalian mengalami kendala untuk bertemu penjual. Akhirnya kalian juga beranjak pergi dari toko.

Cara kerja website nyaris sama dengan toko swalayan tersebut. Jika kita mengatur tab-tab nya menurut kelompok yang benar dan menciptakan navigasinya gampang untuk pengunjung, merekapun mempunyai pengalaman yang menyenangkan menggali informasi yang terdapat di dalam situs tersebut.

Rata-rata pengunjung bakal meninggalkan website andai dalam masa-masa lima detik mereka tidak mengejar apa yang mereka cari – entah tersebut contact number, produk kesayangan atau apa saja kebutuhan mereka. Jadi, andai website kalian ‘berserakan’… pengunjung tak bakal ragu guna pergi secepat itu, lho!

Strategi SEO menolong mewujudkan ‘toko swalayan’ yang bisa mendatangkan tidak sedikit pengunjung sehingga semua pengunjung tersebut berpotensi guna jadi konsumen loyal kalian.

4. On page SEO
On-page SEO ialah optimasi pada tampilan di layar. Jadi, on-page SEO dapat dikatakan pencitraan yang akan dilihat oleh pengunjung situs kalian. Komponennya terdapat banyak, mulai dari keywords yang digunakan hingga kualitas konten tersebut sendiri.
Secara garis besar, sebuah tulisan yang teroptimasi dengan baik mempunyai judul dan konten yang berisi keyword-keyword relevan.


Kesuksesan on-page SEO dapat diukur dari berapa lama seseorang memperhatikan konten tersebut. Sampai berakhir kah atau melulu melewati 5 detik dan pindah ke halaman lain? Berapa tidak sedikit konten tersebut diberikan juga menjadi indikasi kesuksesan on-page SEO.

Berdasarkan keterangan dari Forbes, kata kunci tetap penting tetapi relevansi jauh lebih urgen untuk menilai kualitas suatu konten. Saat ini algoritma Google sudah paling cerdas dalam menganalisa apakah suatu konten itu bermanfaat untuk pembaca.

Jika kalian masih belum paham konten-konten laksana apa yang bermanfaat, mulailah dengan pemikiran simpel ini:

Carilah masalah di niche yang kalian geluti
Temukan penyelesaian untuk persoalan itu
Mulailah menulis
Mulailah menulis

5. Off-page SEO
Lain dengan on-page SEO, off-page SEO ialah SEO dibalik layar dan bersangkutan dengan anchor text, penamaan image, link building dan semacamnya.


Saat kalian memakai image guna konten, pastikan kalian telah menamai ulang masing-masing file-nya dengan kata kunci yang relevan. Image GIF dan JPEG mesti menunjukkan topik yang kalian tulis. Jadi, tidak boleh lagi memakai IMG12345.jpg guna foto-foto yang kalian gunakan di website.

Kualitas link yang ditaut pada tulisan yang kalian bikin juga dominan terhadap ranking situs di Google. Berikut ialah beberapa rekomendasi ciri-ciri situs yang terpercaya:

Website-website besar dan populer laksana Forbes.com, Detik.com, dan sejenisnya
Website yang mempunyai domain .edu atau .gov
Website yang mempunyai kesamaann niche pada bisnis kalian
Tips guna kalian yang mengawali dari nol. Kalian dapat mulai share konten-konten ke akun sosmed individu kalian atau akun sosmed guna bisnis yang telah dibuat.

DEmikian dari kami pembahasan tentang SEO untuk kalian yang ingin menjadi praktisi internet marketing
Baca juga: Belajar SEO pada Internet Marketing

1 komentar:

  1. Terimakasih gan sudah berbagi informasi dengan orang banyak. Jika anda ingin meningkatkan skill digital marketing anda, telah hadir Kursus Digital Marketing Pekanbaru untuk membantu anda menunjang skill anda

    BalasHapus